A. PENGERTIAN
Permintaan adalah
keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama
periode waktu tertentu. Singkatnya permintaan adalah banyaknya jumlah barang
yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada
tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
B. FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI PERMINTAAN
1.
Harga barang itu
sendiri.
Jika harga suatu barang semakin murah, maka
permintaan terhadap barang itu bertambah
2.
Harga barang lain yang
terkait
Berpengaruh apabila terdapat 2 barang yang saling terkait yang keterkaitannya dapat bersifat subtitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).
Berpengaruh apabila terdapat 2 barang yang saling terkait yang keterkaitannya dapat bersifat subtitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).
3.
Tingkat pendapatan
perkapita
Dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi
tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu
barang meningkat.
4.
Selera atau kebiasaan
Tinggi rendahnya suatu permintaan ditentukan
oleh selera atau kebiasaan dari pola hidup suatu masyarakat.
5.
Jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk yang mempunyai
selera atau kebiasaan akan kebutuhan barang tertentu, maka semakin besar
permintaan terhadap barang tersebut.
6.
Perkiraan harga di
masa mendatang
Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu
barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang tersebut sekarang, sehingga
mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di
masa depan.
7.
Distribusi pendapatan
Tingkat pendapatan perkapita bisa memberikan
kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk. Jika distribusi
pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan
terhadap suatu barang menurun.
8.
Usaha-usaha produsen
meningkatkan penjualan.
Bujukan para penjual untuk membeli barang
besar sekali peranannya dalam mempengaruhi masyarakat. Usaha-usaha promosi
kepada pembeli sering mendorong orang untuk membeli banyak daripada biasanya.
C.
HUKUM
PERMINTAAN
Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan
suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat
D.
KURVA PERMINTAAN
Kurva Permintaan dapat didefinisikan sebagai :
“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan
antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta
para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari
kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara
harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.
- Faktor harga
Perubahan sepanjang kurva permintaan berlaku
apabila harga barang yang diminta menjadi makin tinggi atau makin menurun.
- Faktor bukan harga
Kurva permintaan kan bergerak keka Perubahan
sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi
makin tinggi atau makin menurun.nan atau kekiri apabila terdapat
perubahan-perubahan terhadap permintaan yang ditimbulkan oleh factor-faktor
bukan harga, sekiranya harga barang lain, pendapatan para pembeli dan berbagai
faktor bukan harga lainnya mengalami perubahan, maka perubahan itu akan
menyebabkan kurva permintaan akan pindah ke kanan atau ke kiri.
A. PENGERTIAN
Penawaran adalah
jumlah barang yang produsen ingin tawarkan atau jual pada bebrbagai tingkat
harga selama satu periode waktu tertentu
B. FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENAWARAN
1.
Harga barang itu
sendiri
Jika harga suatu barang naik, maka produsen
cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan. Hal ini kembali lagi
pada hokum penawaran.
2.
Harga barang lain yang
terkait
Apabila harga barang subtitusi naik, maka
penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya. Sedangkan untuk barang
complement, dapat dinyatakan bahwa apabila harga barang komplemen naik, maka
penawaran suatu barang berkurang, atau sebaliknya.
3.
Harga faktor produksi
Kenaikan harga faktor produksi akan
menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikit dengan jumlah
anggaran yang tetap yang nantinya akan mengurangi laba perusahaan sehingga
produsen akan pindah ke industry lain dan akan mengakibatkan berkurangnya
penwaran barang.
4.
Biaya produksi
Kenaikan harga input juga mempengaruhi biaya
produksi. Bila biaya produksi meningkat, maka produsen akan menbgurangi hasil
produksinya, berarti penawaran barang berkurang.
5.
Teknologi produksi
Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya
produksi, dan menciptakan barang-barang baru sehingga menyebabkan kenaikan
dalam penawaran barang.
6.
Jumlah
pedagang/penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu
semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
7.
Tujuan perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan laba
buka hasil produksinya. Akibatnya tiap produsen tidak berusaha untuk
memanfaatkan kapasitas produksinya secara malksimum, tetapi akan menggunakannya
pada tingkat produksi yang akan memberikan keuntungan maksimum.
8.
Kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah untuk mengurangi
komoditas impor menyebabkan supply dan keperluan akan kebutuhan tersebut
dipenuhi sendiri sehingga dapat meningktakan penawaran.
C. HUKUM PENAWARAN
“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
D. KURVA PENAWARAN
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :
“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :
“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
·
Kalau penawaran
bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke
kiri atas.
·
Kalau berkurang kurva
supply bergeser ke kiri atas.
E.
TEORI
PENAWARAN
Yaitu teori yang menerangkan sifat penjual dalam menawarkan barang yang akan dijual.
Faktor-faktor yang dapat menggeser kurva penawaran
Yaitu teori yang menerangkan sifat penjual dalam menawarkan barang yang akan dijual.
Faktor-faktor yang dapat menggeser kurva penawaran
·
Kalau penawaran
bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke
kiri atas.
·
Kalau berkurang kurva
supply bergeser ke kiri atas
·
Terbentuknya harga
pasar ditentukan oleh mekanisme pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar