Selasa, 24 November 2015

Study Case Sistem Informasi Manajemen (B&N bookstore)



PENDAHULUAN
B&N dulunya adalah sebuah toko buku yang sangat besar dengan keunggulan dari segi harga dan persediaan buku yang lengkap. Namun hadirnya internet membuat toko buku yang menjual buku cetak ini mengalami kemunduran. Konsumen yang lebih senang menggunakan e-book karema lebih efisien dan murah membuat pangsa pasarnya semakin berkurang. Untuk menjawab tantangan tersebut, B&N mengubah haluan bisnis mereka dengan mulai melakukan penjualan e-book.
Perubahan sistem ini menimbulkan sejumlah permasalahan, seperti permasalahan bagi penerbit buku yang secara otmatis akan kehilangan pendapatan dari penjualan buku cetak. Industri e-book yang akan dimasuki B&N juga telah dikuasai oleh para pesaing besar seperti Amazon, Apple dan Google. Hal ini yang menjadi focus perusahaan bagaimana mereka menghadapi kondisi ini.



JAWABAN
1.        Use the value chain and competitive forces models to evaluate the impact of the Internet on book publishers and book retail stores such as B&N
Analisis value chain adalah mengidentifikasi setiap aktivitas dalam perusahaan yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Pada kasus B&N, terjadi perubahan dari sistem penjualan buku secara tradisional melalui toko menjadi penjualan secara online. Dalam hal ini terdapa beberapa rantai aktivitas yang dieliminasi yaitu fungsi penggudangan, pengiriman barang dari pemasok ke toko dan distribusi memalui toko. Adanya eliminasi rantai kegiatan ini, tentu akan menimbulkan efisiensi bagi perusahaan dengan menghilangkan biaya pembelian, biaya penyimpanan, biaya-biaya operasional di toko dan biaya tenaga kerja di toko.
Bagi penerbit pergeseran dari buku cetak ke e-book menyebabkan berkurangnya hamir seluruh aktivitas operasinya. Besarnya permintaan akan e-book menyebabkan berkurangnya penghasilan dari penjuala buku karena saat ini para penjual buku online hanya membutuhkan lisensi dari penerbit yang kemudian akan dijual ke pelanggan. E-book hampir mengeliminasi semua aktivitas produksi dari penerbit mulai dari pembelian bahan baku hingga pendistribusian buku cetak yang tidak diperlukan lagi. fungsi yang masih ada yaitu desain dan penyusunan buku secara elektronik. Eliminasi rantai nilai ini, akan mengefisienkan biaya, namun juga menyebakan penurunan pendapatan yang siknifikan.
Ditinjau dari lima kompetitif force menurut porter yaitu ancaman pengganti, persaingan, kekuatan pemasok, kekuatan pembeli, dan hambatan masuk.  B&N yang awalnya merupakan penyalur buku terbesar dihadapkan pada ancaman atas barang subtitusi yang lebih heman dan mudah bagi pelanggan yaitu E-book. Ancaman ini sangatlah serius mengingat barang pengganti yang hadir memiliki keunggulan baik dari segi efisiensi maupun harga. Selain itu, B&N juga harus menghadapi pesaing yang sangat kuat yaitu Amazon.com yang memiliki keunggulan dari segi harga dan jaringan yang baik. Amazon.com melakukan kerja sama dengan beberapa penerbit dan kemudian menjual e-book nya dengan memberikan potongan harga yang cukup besar sehingga hampir merebut pangsa pasar B&N. tahun 2011, analis memperkirakan bahwa  pangsa pasar B & N adalah sekitar sekitar 27% sedangkan Amazon merebut sekitar 60% pangsa pasar diseluruh dunia. Amazon.com juga diunguulkan dengan pemasok yang bekerja sama dengan mereka dengan menjual lisensi yang lebih murah. Kekuatan pembeli saat ini didominasi oleh permintaan akan e-book dibanding permintaan buku cetak.




2.        How are B&N and the book publishers changing their business models to deal with the Internet and e-book technology?
B&N segera merespon perubahan dari penjualan manul menjadi penjualan elektrnik dengan mengeluarkan sistem Nook dan tablet untuk e-book dan e-learning. Hal ini menyebabkan persaingan besar dalam hal dominasi pangsa pasar yang telah menyebabkan Amazon kehilangan beberapa pelanggan ke B&N. Nook dan tablet ini juga memiliki kelebihan dibanding dengan e-book lainnya yaitu aplikasi memberikan penambahan fitur seperti kemampuan untuk memanipulasi dan memperbesar gambar, membolak-balik album foto, menonton video, membaca pesan instan dan mendengarkan musik.
N&B juga telah melakukan kesepakatan dengan Microsoft untuk memasukkan Nook dan e-reader dalam sistem operasi windows 8. Kesepakatan ini membawa tambahan distribusi kepada seluruh pengguna windows di dunia.
Disisi lain perbit dituntut untuk menyesuaikan peroduksi mereka dari buku cetak ke buku elektronik dengan mengembangkan aplikasi yang mendukung penjualan e-book.



3.        Will B&N’s new strategy be successful? Explain your answer?
Strategi saat ini yaitu dengan mengembangkan e-book melalui penjualan online dan aplikasi Nook serta kerja sama dengan Microsoft adalah pilihan yang tepat karena strategy yang ditempuh perusahaan telah menjawab kelima competitive force menurut porter. Transformasi dari penjualan buku cetak ke e-book menghalangi force dari barang subtitusi. Pembuatan aplikasi Nook dan kerja sama dengan Microsoft telah menjawab force dari pesaing dan memberikan ciri yang berbeda sehingga competitor susarh untuk memasuki industry yang sama dengannya.
Konsistensi untuk menyediakan supply e-book yang memadai harus dilakukan agar tidak kehilangan pelanggan. Pengembangan aplikasi harus terus dilakukan menyesuikan dengan keinginan konsumen. Dengan hal tersebut, maka strategy yang dijalankan saat ini kan berhasil dengan baik.
4.        Is there anything else B&N and the book publisher should be doing to stimulate more business?
Periklanan yang gencar harus terus dilakukan untuk menggenjot penjualan. Selain itu, B&N sebaiknya melakukan kerja sama dengan beberap pihak penerbit untuk memberikan lisensi buku dengan biaya yang lebih murah agar dapat memberikan penwaran diskon untuk para konsumen. Diskon ini diberikan berdasarkan prestasi pembelian konsumen untuk merangsang persaingan diantara konsumen.
Karena aktivitas yang berbasis internet, maka perlu ditinjau kembali kebutuhan tenaga kerja, jika memungkinkan dilakukan perampingan tenaga kerja sebaiknya dilakukan untuk mencapai efisiensi. Begitupun dengan asset yang dahulunya digunakan untuk kegiatan operasi misalnya untuk gudang, toko dll perlu ditinjau kembali apakah sebiknya di jual atau dapat dialih fungsikan agar lebih efisien.
Strategy lain yang perlu dilakukan adalah memperhatikan tanggung jawab sosil bagi masyarakat. Hal ini bisa dilakukan dengan mendirikan perpustakaan yang dapat diakses secara online oleh seluruh masyaraka dimana diberikan kesempatan kepada masyarakat/konsumen untuk mempublish jurnah mereka. Cara ini juga dapat mendukung terjalinnya kedekatan antara B&N dengan para konsumennya (costumer intimacy). Perpustakaan ini dapat pula menjadi sarana bagi perusahaan untuk membangun citra positif maupun sebagai sarana promosi perusahaan.



KESIMPULAN
Berkebambangan teknologi sistem informs mengharuskan B&N untuk mengubah haluan bisnisnya dari basis tradisional menjadi elektronik dengan mengubah sistem dari penjualan buku cetak melalui toko menjadi penjualan e-book melalui aplikasi. Perubahan ini tentu akan mengubah rantai aktivitas yang dimiliki oleh B&N. ada beberapa aktivitas yang akan di eliminasi karena tidak memberi nilai tambah bagi perusahaan.
Dengan memasuki industi e-book maka harus berhadapan dengan pesaing-pesaing besar seperti Amazon, Apple dan Google, untuk menghadapi hal tersebut maka B&N memunculkan suatu perbedaan yang menjadi keunggulan kompetitif mereka yaitu melalui aplikasi Nook yang memiliki kelebihan seperti kemampuan untuk memanipulasi dan memperbesar gambar, membolak-balik album foto, menonton video, membaca pesan instan dan mendengarkan musik.
Selain itu, B&N juga melakukan kerja sama dengan pihak Microsoft dengan memasukkan Nook dalam sistem perasi Windows 8. Hal ini tentu akan memperbesar pangsa pasar dari N&B melihat potensi konsumen Microsoft yang sangat banyak.
Untuk mendukung strategy tersebut, periklanan yang gencar harus terus dilakukan. Begitupun dengan memperbanyak kerja sama dengan para penerbit untuk memberikan harga khusus agar dapat memberikan dikson yang menarik bagi konsumen yang  memiliki prestasi pembelian yang baik. Tanggung jawab sosial dengan membuat perpustakaan yang dapat diakses masyarakat luas juga dapat menambah citra positif bagi perusahaan dan menumbuhkn costumer intimacy.
Dengan perombakan sistem, maka harus pula ditinjau kembali tenaga kerja dan beberapa asset yang dimiliki. Jika diperlukan adanya perampingan maka harus dilakukan untuk mencapai efisiensi bagi perusahaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar